Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Jambi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Kotim Ingatkan Calon Kepala Desa

  • Oleh Naco
  • 30 November 2018 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) HM Jhon Krisli mengingatkan calon kepala desa dalam pelaksanaan pesta demokrasi ditingkat desa agar tidak berorientasi kepada keuntungan pribadi dalam mengelola desa.

Motivasi panggilan jiwa untuk membangun setidaknya dapat mengatasi beberapa tantangan, diantaranya dalam hal percepatan pembangunan di desa sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yang menyediakan anggaran cukup besar untuk percepatan pembangunan desa.

Selain itu harapan yang begitu tinggi dari masyarakat desa terhadap kepemimpinan kepala desa dalam hal urusan pembangunan desa.

"Logikanya sederhana, ketika kewenangan membangun desa telah diberikan oleh pusat dan didukung oleh transfer dana desa, harapan akan pembangunan desa yang berpihak pada rakyat tidak dapat ditawar lagi. Hal ini tentunya menjadi tantangan sekaligus beban tersendiri bagi kepala desa," kata dia, Jumat (30/11/2018)

Dari itu kata dia hendaknya calon kepala desa adalah panggilan jiwa untuk membangun desa  tersebut. Hal ini menyusul banyaknya  minat bakal calon kades untuk mencalonkan diri.

Karena dengan dana transfer pusat yang besar itu nantinya akan terlihat seberapa cepat kepala desa terpilih bisa mengimbangi dengan pembangunan sebelumnya.

Jika pembangunan tetap berjalan lamban, maka akan mempengaruhi pula segala program kerja strategis. Hal lain juga tantangan memastikan partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat sangat diharapkan untuk memastikan implementasi kebijakan strategis desa terutama dalam hal pembangunan infrastruktur desa dapat tercapai seluruhnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru