Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi HIV/AIDS, KPA Kotim Gelar Pemeriksaan Gratis

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Desember 2018 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Komisi Penanggulangan Aids (KPA), melakukan pemeriksaan gratis.

Pemeriksaan bekerjasama dengan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) yang dipusatkan di kawasan Stadion 29 November Sampit, Minggu (2/11/2018).

Warga pun menyambut baik pemeriksaan gratis itu. Banyak warga yang antre untuk memeriksakan diri.

"Tes HIV ini sekaligus pemeriksaan kesehatan dalam rangka memeringati Hari Aids sedunia yang jatuh setiap 1 Desember 2018 ini," ujar Sekretaris KPA Kotim Asyikin Arfan.

Pemeriksaan tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya jemput bola dengan terjun ke masyarakat melakukan tes HIV. Sebab saat ini penyebaran virus mematikan tersebut cukup tinggi di Kotim.

Asyikin juga mengatakan, pentingnya bagi seseorang melakukan pemeriksaan HIV secara dini untuk mengetahui apakah dirinya terinveksi HIV atau tidak.

Jika seseorang terindikasi mengidap penyakit tersebut, maka dapat segera dilakukan pengobatan antiretroviral (ARV) yang disedikan pemerintah secara gratis.

"Meski belum ada obat yang dapat menyembuhkan seseorang dari HIV/AIDS. Namun dengan rutin melakukan pengobatan ARV, setidaknya dapat menekan perkembangan HIV di dalam tubuh penderita," ungkap Asyikin.

Sementara itu, penyebaran HIV/AIDS di Kotim sendiri, dari Januari hingga Oktober 2018 mencapai 58 kasus. Terdiri dari 31 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Penyebaran virus mematikan tersebut didominasi oleh usia produktif dari 25 hingga 40 tahun, yakni sebanyak 41 orang. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru