Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkembangan Teknologi Tidak Bisa Gantikan Peran Guru

  • Oleh Ramadani
  • 03 Desember 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Walaupun teknologi informasi berkembang demikian cepat dan sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran guru sebagai pendidik tetap tidak bisa digantikan oleh kemajuan teknologi tersebut.

Demikian disampaikan Bupati Barito Utara Nadalsyah saat membacakan sambutan tertulis Mendikbud pada peringatan Hari Guru Nasional di Muara Teweh, Senin (3/12/2018).

Ia menyebut, tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap peserta didik.

Oleh sebab itu, profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian. Guru tidak hanya bertugas mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didiknya. Tugas guru sebagai pendidik adalah menanamkan nilai-nilai dasar pengembangan karakter peserta didik dalam kehidupannya, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak.

Selain itu, sebagai inspirator bagi anak didiknya. “Saat ini kurang bijak rasanya jika kita hanya menyalahkan dahsyatnya perkembangan teknologi informasi. Kita harus mampu mengarahkannya menjadi potensi positif alih-alih terkena dampak negatifnya,” katanya.

Terlebih pada 2019, penetrasi revolusi industri keempat akan masuk semakin dalam ke berbagai sektor, termasuk pendidikan.

Oleh sebab itu, peningkatan profesionalisme guru menjadi penting karena hal itu merupakan salah satu syarat utama dalam pewujudan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan abad XII yang dibutuhkan oleh setiap peserta didik. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru