Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa se-Laung Tuhup Ikut Sosialisasi Penggunaan Dana Desa

  • Oleh Trisno
  • 04 Desember 2018 - 07:22 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Para kepala desa (Kades) se-Kecamatan Laung Tuhup Kabupaten Murung Raya (Mura) mengikuti sosialisasi penggunaan Dana Desa oleh Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Sosialisasi dipimpin Kepala Kejaksaan Negeri Mura Robert Sitinjak. Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya sejumlah pejabat utama Kejari, Camat Laung Tuhup dan unsur Muspika setempat, Senin kemarin.

Sosialisasi Dana Desa merupakan tindaklanjut dari instruksi Jaksa Agung Muda Intelijen agar Dana Desa di seluruh Indonesia tepat sasaran melalui program TP4D, terutama mengantisipasi kesalaham pengelolaan Dana Desa baik penyaluran, pengawasan dan realisasi dari pemanfaatan Dana Desa tersebut.

Di mana kata Kajari sosialisasi bertujuan menyampaikan pemahaman tentang keberadaan TP4D, di mana Desa sebenarnya bisa mengajukan permohonan pengawalan dan pengamanan penggunaan Dana Desa ke TP4D, agar dalam pelaksanaan kegiatan dana desa tetap sesuai koridor yang ada.

 “Karena ketidaktahuan  ada yang tersandung masalah hukum terkait penggunaan dana desa. Para Kepala Desa harusnya mengajukan permohonan pengawalan dan pendampingan penggunaan dana desa, agar pelaksanaan penggunaannya sesuai dengan payung hukum,” ungkap kata Kajari.

Menurutnya, yang dilakukan terkait dana desa adalah memberikan pendampingan melalui TP4D yang pengawalannya sama dengan pengawalan instansi pemerintah atau BUMN, namun pihaknya lebih proaktif.

 “Ini adalah tindakan penguatan desa yang salah satunya dengan mengoptimalkan fungsi tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4),” ujarnya. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru