Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Magelang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Dianggap Kurang Lobi Penyebab Harga Sawit Anjlok

  • Oleh Naco
  • 04 Desember 2018 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kurangnya lobi dari kalangan pemerintah menjadi penyebab anjloknya harga sawit belakangan ini. Itu ditegaskan Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kabupaten Kotim, H Ary Dewar.

"Meski dilaporkan oleh siapa saja jika pemerintah bagus lobinya menjelaskan atas apa yang dilaporkan  itu tidak benar kondisi tidak akan demikian," kata Anggota DPRD Kotim itu, Selasa (4/12/2018).

Selama ini menurut Ary pemerintah kurang tanggap. Padahal itu semua erat kaitannya dengan investasi hingga nasib kalangan petani sawit.

"Beberapa waktu lalu saya sudah koordinasi dengan Pak Bupati juga. Beliau sepakat dan tidak akan membiarkan masalah ini berlarut-larut," tegasnya.

Bahkan di Kotim akan segera dibentuk BUMD yang akan menampung sawit kalangan petani. Sehingga pengelolaannya bisa dilakukan sendiri. 

"Karena dari data kami saat ini jumlah petani sawit kita mencapai 15.000 orang. Makan apa mereka jika harga terus seperti ini," tutupnya.

Menurut Ary jika masalah ini tetap demikian pihaknya akan segera merapatkan agar kondisi ini tidak berkepanjangan. Agar ada langkah yang dilakukan bersama pemrrintah daerah, provinsi hingga pusat. (NACO/B-5)

Berita Terbaru