Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Bicara Pentingnya Pemerataan Pembangunan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 Desember 2018 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Safari Natal Pemkab Lamandau tahun 2018 di Desa Kinipan, Kecamatan Batangkawa, merupakan kunjungan kerja pertama Bupati Lamandau Hendra Lesmana ke kecamatan tersebut. Senin (3/12/2018) malam.

Usai menyampaikan sambutan berkaitan dengan Safari Natal, Hendra Lesmana juga berbicara tentang banyak hal, mulai dari isu-isu yang berkembang saat ini hingga persoalan rencana pembangunan daerah.

Kecamatan Batangkawa menjadi salah skala prioritas Pemkab Lamandau dalam bidang infrastruktur dan ekonomi secara umum. 

"Secara umum, proses pembangunan di Lamandau yang berjalan sejauh ini sudah cukup baik, namun jangan sampai pembangunan yang berjalan itu membiarkan sekat. Yang kaya makin kaya, dan yang miskin makin miskin," kata Hendra Lesmana. 

Untuk itu, katanya, harus ada pemerataan pembangunan untuk memutus skat tersebut atau setidaknya membatasi jaraknya tidak semakin jauh.

"Saat ini ketimpangannya sudah sangat jauh. Di daerah lain ekonomi warganya sudah stabil bahkan sudah bergerak ke arah investasi dan sebagainya," kata Hendra.

"Sedangkan di lain sisi warga kita di Batangkawa ini masih bergelut dengan belum adanya akses darat, bergelut dengan sulitnya mendapatkan kehidupan yang layak karena lambatnya atau bahkan tidak ada perputaran ekonomi. Kondisi ini tidak bisa terus dibiarkan," imbuhnya.

Namun, Hendra juga mengatakan pembangunan daerah tidaklah bisa berjalan hanya dengan satu arah. Pemerintah daerah sangat memerlukan dukungan semua pihak utamanya masyarakat. 

"Kalau masyarakat tidak mendukung tentu sehebat apapun program (pembangunan) tetap tidak akan berjalan lancar. Mari kita sama-sama bergerak dan samakan persepsi. Kalau ada persoalan atau masalah itu silahkan sampaikan ke kami. Kita bahas sama-sama. Jangan diributkan di ruang-ruang yang hanya akan menimbulkan opini tanpa penyelesaian," ajaknya. 

Hendra juga bicara tentang sejumlah potensi pengembangan ekonomi di Batangkawa yang salah satu caranya dengan upaya menghidupkan sektor pariwisata, UMKM, dan pertanian. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru