Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 3 Dinas Serapan Anggaran Terendah di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Desember 2018 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Memasuki tutup tahun anggaran 2018 namun serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih rendah. Yang mana dari sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), ada tiga dinas yang memiliki realisasi serapan anggaran terendah. 

"Masih ada tiga SOPD yang memiliki serapan terendah, bahkan di bawah 50%," ujar Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Rabu (5/12/2018). 

Tiga SOPD tersebut yakni Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan serapan anggaran hanya 46,31%, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) 41,44%, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) 33,49%. 

Kondisi ini jadi perhatian Wakil Bupati. Karenanya ia meminta agar anggaran yang sudah dibuat supaya bisa diserap dengan baik dan bisa mencapai target yang telah ditentukan.

Walaupun begitu pihaknya juga tidak bisa memaksakan, karena kendala di lapangan cukup berbeda, terutama proyek multiyears yang membutuhkan waktu pengerjaan. 

"Jadi terhadap tiga dinas tersebut harus menjadi perhatian. Agar dengan sisa waktu satu bulan ini bisa meningkatkan serapan yang dilakukan oleh mereka," harap Taufiq. 

Sementara, tiga SOPD yang melakukan realisasi APBD tertinggi adalah Kecamatan Pulau Hanaut dengan 92,03%, Kecamatan Bukit Santuai 87,40%, dan Kecamatan Cempaga 85,27%. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru