Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mulai Hari Ini Pengadilan Agama Nanga Bulik Beroperasi

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Desember 2018 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Lembaga peradilan di Kabupaten Lamandau resmi bertambah. Ini seiring dengan hadirnya Pengadilan Agama (PA) Nanga Bulik yang operasionalnya telah diresmikan Bupati Lamamdau, Hendra Lesmana, Rabu (5/12/2018).

"Alhamdulillah hari ini lembaga peradilan di Lamandau ini bertambah. Dengan mengucap bismillahirrohmanirrahim, operasional Pengadilan Agama Nanga Bulik saya resmikan," ucap bupati di halaman Kantor PA Nanga Bulik, Komplek Perkantoran Bukit Hibul Timur. 

Peresmian operasionalnya PA Nanga Bulik itu juga dihadiri sejumlah pihak terkait, mulai dari perwakilan pejabat Pengadilan Tinggi (PT) Palangka Raya, Kepala PA Pangkalan Bun, WAkil Ketua Pengadilan Negeri Sukamara, serta sejumlah tamu undangan dari SOPD, FKPD serta para camat. 

Peresmian secara simbolis ditandai dengan penandatanganan berita acara gunting pita dan buka tirai plang papan nama. 

Bupati menilai beroperasinya PA Nanga Bulik merupakan satu langkah positif bagi Kabupaten Lamandau dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Jika dulu masyarakat yang bersengketa dan ingin mengurus harta gono-gini harus bolak-balik ke Pangkalan Bun, tapi sekarang sudah tidak lagi. Karena di Nanga Bulik sudah ada pengadilan agama sendiri. Jadi gak bakal lagi berat diongkos, arau bahkan tekor," candanya.  

Dia berharap PA Nanga Bulik dapat betul-betul menjadi lembaga peradilan yang betul-betul memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. 

Semnetara itu Hakim Tinggi PT Palangka Raya, Akhmad Akhsin mengatakan peresmian opersionalnya PA Nanga Bulik tersebut merupakan peresmian secara the facto setelah the jure-nya telah dilakukan Mahkamah Agung secara kolektif di Kabupaten Talaut, Sulawesi Utara pada 22 Oktober 2018. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru