Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati: Pengadilan Agama Hadir di Katingan Berkah Bagi Masyarakat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 05 Desember 2018 - 15:24 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, dengan hadirnya Pengadilan Agama Kasongan merupakan berkah bagi masyarakat Kabupaten Katingan.

"Dengan hadirnya Pengadilan Agama Kasongan ini merupakan berkah bagi masyarakat Katingan secara umum," kata Bupati saat menghadiri peresmian operasional kantor Pengadilan Negeri (PN) Agama Kasongan, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, selama ini sengketa perdata yang menjadi kewenangan pengadilan agama, harus diajukan ke Pengadilan Agama Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang notabene berada di wilayah kabupaten lain.

Akibatnya, kata Sakariyas dampak dari keadaan ini adalah sulitnya aksess keadilan bagi masyarakat Katingan, misalnya jarak tempuh yang jauh, serrta besarnya biaya perkara yang harus dibayar.

"Dengan beroperasinya Pengadilan Agama Kasongan, maka masyarakat di wilayah Kabupaten Katingan tidak lagi perlu jauh-jauh ke Sampit, untuk mengurus segala keperluan hukum terkait, dan sudah barang tentu biaya perkara dapat lebih hemat," katanya. 

Hal ini sejalan dengan semangat dan azas peradilan yang tertuang dalam undang-undang kekuasaan kehakiman bahwa peradilan diselenggarakan secara cepat, sederhana dan biaya ringan. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru