Sempat Melawan, Seekor Buaya Bisa Ditangkap Warga Handil Sohor

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Desember 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah warga Desa Handil Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berhasil menangkap seekor buaya muara yang berada di sungai desa tersebut. Walaupun saat itu hewan dilindungi tersebut sempat memberikan perlawanan. 

Buaya tersebut berhasil ditangkap dengan menggunakan tali dan kayu, Rabu (5/12/2018) sekitar pukul 07.00 WIB. 

"Buaya ini ditangkap sekitar pukul 07.00 WIB, oleh sejunlah warga desa ini. Walaupun memang sempat memberikan perlawanan," ujar Kepala Sekolah Dasar Negri (SDN) 6, Samuda Kota, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan Akmad Afandi yang menyaksikan langsung penangkapan tersebut. 

Panjang buaya yang berhasil ditangkap sekitar 2,5 meter. Buaya tersebut ditangkap langsung di sungai. Hingga akhirnya berhasil dibawa ke daratan oleh sejumlah warga. 

Setelah berhasil ditangkap, buaya ini menjadi perhatian bagi warga. Bahkan banyak dari mereka yang tidak mau kehilangan momen tersebut, dengan mengabadikannya lewat telepon genggam. 

"Sedangkan buaya sendiri langsung diamankan warga. Namun untuk kelanjutannya saya tidak mengetahui, apakah diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) atau tidak," terang Akmad. 

Dengan adanya hal tersebut, dirinyapun menghimbau kepada murid-muridnya yang sering melintas dan tinggal di tepian sungai Desa Handil Sohor tersebut agar selalu berhati-hati. Jangan sampai bermain di sungai itu, walaupun diluar jam sekolah agar bisa terhindar dari serangan buaya, yang bisa saja terjadi kapanpun. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 


TAGS:

Berita Terbaru