Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

29 Desa/Kelurahan di Kapuas Telah Tervaksin Rabies

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Desember 2018 - 18:54 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Hewan peliharaan masyarakat di 29 desa/kelurahan di enam kecamatan di Kabupaten Kapuas telah divaksin rabies. Hewan yang divaksin di antaranya anjing, kucing, dan kera.

Kasi Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kapuas, Anik Ariswandani, mengungkapkan bahwa selama 2018 pihaknya sudah menyisir hewan peliharaan dari rumah ke rumah.

"Untuk tahun ini sudah selesai semuanya dengan mevaksin hewan anjing sebanyak 2.205 ekor, kucing 690 ekor, dan kera 3 ekor," ungkap Anik kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Ia menuturkan, sebaran jumlah vaksinasi rabies hanya di enam kecamatan. Sehingga belum semua wilayah terjangkau lantaran keterbatasan anggaran.

"29 desa/kelurahan yang disambangi tersebar di Kecamatan Selat, Basarang, Kapuas Tengah, Kapuas Hilir, Kapuas Barat, dan Tamban Catur," tuturnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat pada tahun ini lebih meningkat ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

"Mulai banyak permintaan masyarakat untuk diadakan vaksinasi rabies di daerah mereka. Misalnya di Kecamatan Pasak Talawang yang kemarin tidak terjangkau kegiatan vaksinasi tapi mereka meminta," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru