Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Selat Terbanyak Dilakukan Vaksinasi Rabies

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Desember 2018 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Kasi Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Anik Ariswandari, mengungkapkan bahwa vaksinasi rabies terbanyak selama 2018 dilakukan di Kecamatan Selat. Hewan yang divaksi terdiri dari anjing, kucing, dan kera.

"Paling banyak divaksin adalah Kecamatan Selat. Di mana pada awal Januari saja sudah sekitar 550 ekor hewan tervaksinasi, ditambah Juli lalu sekitar 476 ekor. Jadi ini yang terbanyak selama setahun," ungkap Anik kepada wartawan, Rabu (5/12/2018).

Ia melanjutkan, vaksin diberikan untuk menanggulangi penyebaran rabies akibat gigitan anjing atau hewan peliharaan lainnya pada manusia. Ia pun optimistis Kabupaten Kapuas bisa bebas rabies.

"Salah satu kendala dalam melakukan penyisiran ke desa ialah pemilik dari hewan peliharaan tersebut tidak berada di tempat. Ditambah lagi seperti anjing dibawa yang punya ke kebun dan untuk berburu dan sebagainya," ucapnya.

Ia berharap, jumlah hewan tervaksin rabies pada tahun depan lebih banyak dari tahun ini. Untuk itu, ia meminta tambahan tenaga di lapangan.

"Kami mengimbau warga punya kesadaran untuk rutin setiap tahun melakukan vaksinasi rabies," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru