Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diimbau Gunakan Produk Bernuansa Lokal

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 05 Desember 2018 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperas dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Kapuas Suparman, mengimbau masyarakat menggunakan produk bernuansa lokal. Terutama produk kerajinan tangan dari pegiat UKM.

"Kepada masyarakat lokal itu hargailah karya kita, cintailah produk dalam negeri, cintailah produk yang bernuansa muatan lokal. Ini adalah pekerjaan masyarakat. Maka kita besarkan mereka dengan cara beli produk-produk lokal," ungkap Suparman, Rabu (5/12/2018).

Menurut dia, produk yang dibuat dari tangan warga lokal sepeti anyaman rotan, getah nyatu, karet, dan lain sebagainya, tidak kalah bagus dengan produk dari luar daerah. Bahkan, sebagian sudah ada yang dipasarkan ke luar Kalimantan Tengah.

"Seperti anyaman rotan yang berupa dompet, tas, kursi, dan lain itu hasilnya bagus dan awet sehingga bisa menjadi pilihan masyarakat," ucapnya.

Di samping itu, dapat memberikan efek langsung terhadap rasa percaya diri pegiat kerajinan tangan tersebut dalam memasarkan produknya. Karena dicintai masyarakat setempat.

"Tentunya akan memberikan motivasi bagi perajin UKM dalam berinovasi lagi untuk menghasilkan karya terbaik dan memiliki nilai jual," tuturnya.

Untuk itu, peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam membesarkan produk yang bernuansa lokal di Kabupaten Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru