Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rapat Dewan Ketahanan Pangan Untuk Koordinasi Strategi

  • Oleh Norhasanah
  • 05 Desember 2018 - 22:06 WIB

BORNEONEWS, Sukamara- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sukamara Irlan Kodriansyah, mengatakan bahwa tujuan digelarnya rapat Dewan Ketahanan Pangan (DKP), Rabu (5/12/2018), untuk mengkoordinasikan strategi dan instrumen kebijakan pemerintah dalam pemantapan ketahanan pangan di Bumi Gawi Barinjam.

"Kegiatan ini juga untuk menyamakan langkah dan presepsi dalam upaya percepatan penyelenggaraan kebijakan ketahanan pangan di Kabupaten Sukamara," ucap Irlan Kodriyansah.

Ia menjelaksan, ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan. Untuk mewujudkan ketahanan pangan, sangat diperlukan intregitas dan program dari dinas instansi terkait dan lembaga yang tergabung dalam Dewan Ketahanan Pangan.

Sementara itu, Asisten II Setda Sukamara Zulkifly mengatakan bahwa sesuai Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, telah mengamanatkan bahwa penyelenggaraan pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia.

"Yang tentunya memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan," ujarnya.

Mengingat, pangan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi manusia, tuntutan pemenuhan pangan merupakan hak azasi setiap individiu. Pangan juga sangat menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM), termasuk kualitas suatu bangsa. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru