Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMD Murung Raya Ungkap Sejumlah Kendala Program Gerbangdesamu

  • Oleh Trisno
  • 06 Desember 2018 - 14:34 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Murung Raya Sarwo Mintarjo mengungkapkan sejumlah kendala pelaksanaan program Gerakan Membangun Desa Manggatang Utus (Gerbangdesamu).

Di mana saat memberikan laporan rapat evalusasi Gerbangdesamu, Rabu kemarin, sejumlah kendala di antaranya belum jelasnya petunjjuk teknis pelaksanaan Gerbangdesamu di lapangan.

Selain itu, dana yang belum memadai, karena setiap desa belum mengalokasikan dana melalui APBDes untuk mendukung Gerbangdesamu. "Juga kurangnya partisipasi masyarakat termasuk kurangnya aktifnya SOPD dalam pelaksanaan Gerbangdesamu," tandasnya.

Beberapa kendala tersebut, kata Sarwo, menjadi fokus yang dibahas dan dicari solusinya pada rapat evalusasi dan berharap pelaksanaan Gerbangdesamu ke depan lebih optimal sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Asisiten Bidang Ekonomi Setda Mura Pahala Budiawan saat itu  meminta jajarannya SOPD berkomitmen melaksanakan program Gerbangdesamu yang memang wajib dilaksanakan dan menjadi tugas pemerintah untuk menyukseskannya.

Menurut dia, Gerbangdesamu merupakan sebuah program yang memiliki kontirbusi besar dalam percepatan pembangunan di pedesaan. Karena itu diminta SOPD yang sudah mendapat jatah tugas membina tiap desa bisa melaksanakan dengan baik program tersebut.

Pahal juga meminta keaktifan camat dalam melaksanakan Gerbangdesamu. Termasuk juga para aparatur desa, kepala desa, BPD dan anggotanya dan agar aktif mendukung program tersebut. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru