Bupati Kotawaringin Timur Dukung Langkah Gubernur Lawan Kampanye Anti Sawit

  • Oleh Naco
  • 06 Desember 2018 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi menyatakan sejalan dengan upaya Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) melawan kampanye anti sawit dari oknum lembaga swadaya masyarakat (LSM) tertentu.

“Kami pasti mendukung dengan langkah Gubernur Kalimantan Tengah. Kampanye hitam inilah yang terkadang memengaruhi harga komoditas sawit. Bukan hanya PBS yang merasakan dampaknya, melainkan juga masyarakat yang memiliki kebun kelapa sawit,” tegas Supian Hadi, Kamis (6/12/2018).

Bupati memang mendengar persoalan saat ini, TBS yang harganya rendah, serta TBS dari kebun masyarakat yang ditolak perusahaan sawit.

“Persoalan ini menjadi perhatian serius. Apalagi tidak sedikit masyarakat yang memiliki usaha kebun sawit. Ini pasti kita perhatikan. Kita masih mencari titik permasalahan serta solusinya,” kata dia.

Bupati menambahkan, persoalan kelapa sawit kerap menjadi sorotan berbagai LSM, dengan menyuarakan kepentingan lingkungan hidup. Tetapi terkadang upaya ini malah membenturkan antara masyarakat, PBS, serta pemerintah.

“Kalau memang ada hal yang melanggar aturan, harusnya diselesaikan sesuai prosedur atau koridor hukum yang berlaku. Bukan malah membenturkan masyarakat dengan PBS, atau masyarakat dengan pemerintah,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, investasi memiliki peranan penting untuk kemajuan sebuah daerah. Tanpa adanya investasi, roda perekonomian tentu lambat akan berputar.

“Sebagai masyarakat Kotim kita tentunya harus menjaga dengan kehadiran investasi. Kalaupun investasi itu melanggar aturan, silakan tempuh sesuai jalur yang berlaku. Bukan malah dipolitisasi sehingga menimbulkan konflik sosial,” kata dia.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran minta masyarakat tidak terprovokasi oleh oknum LSM yang berkampanye hitam menolak sawit. Keberadaan investor sawit dinilai sangat penting, mengingat saat ini pembangunan dan pekerjaan di Kalteng sangat vital.

"Selama investor sawit ini menguntungkan untuk pembangunan Kalteng, saya meminta agar masyarakat tidak terpengaruh kampanye negatif LSM yang menyuarakan anti sawit," ujar gubernur, Rabu (5/12/2918).

Berita Terbaru