Penyuluhan Kesehatan Geriatri Terhadap Lansia di RSUD Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Desember 2018 - 10:12 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas telag melakukan penyuluhan kesehatan Geriatri tentang Penyakit pada Usia Lanjut di halaman Parkir  RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas, yang pada kesempatan itu disampaikan langsung oleh dr Erny Indrawati selaku Dokter Madya.

dr Erny menerangkan adanya peningkatan jumlah penduduk usia lanjut berdampak pada peningkatan masalah kesehatan tersendiri bagi Indonesia hal ini dikarenakan masalah kesehatan pada usia lanjut memiliki kekhususan.

Ia mengungkapkan, proses menua mengakibatkan berkurangnya fungsi berbagai organ tubuh. Diketahui bahwa penyakit dan kesehatan pada usia lanjut tidaklah sama dengan penyakit dan kesehatan pada usia lainnya.

"Yaitu dalam hal penyakit pada usia lanjut bersifat multipel (lebih dari 1 macam penyakit), penyakit biasanya berjalan kronis, menimbulkan kecacatan dan lambat laun menyebabkan kematian," ungkap dr Erny, Jumat (7/12/2018).

Menurut dia usia lanjut juga sangat rentan terhadap berbagai penyakit akut, serta diperberat dengan kondisi daya tahan yang menurun, kesehatan usia lanjut juga sangat dipengaruhi oleh faktor psikis, sosial dan ekonomi, dan pada usia lanjut seringkali didapat penyakit Iatrogenic (akibat banyak obat-obatan yang dikonsumsi).

"Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi di hari tua karena kebiasaan buruk yang dilakukan bertahun-tahun selama masa muda, misalnya makan makanan yang berlemak, merokok, minum-minuman keras, kurang beraktivitas. 

Beragam kondisi dan penyakit pada usia lanjut dapat menyebabkan gangguan berbagai macam dalam tubuh. "Pada daya ingat, kesulitan menahan buang air, tubuh semakin lemah, atau mengalami gangguan kesehatan akibat efek samping pengobatan tertentu," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/m)
 

Berita Terbaru