Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Berbagai Macam Penyakit Biasa Dialami Lansia

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Desember 2018 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Erny Indrawati selaku Dokter Madya RSUD Kapuas menjelaskan berbagai macam penyakit yang biasa dialami lansia (lanjut usia).

Di antaranya adalah penyakit jantung yang menjadi salah satu penyebab utama kematian pada usia di atas 65 tahun dengan faktor-faktor risiko seperti hipertensi, dan kolesterol tinggi. 

"Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, olahraga, dan istirahat cukup adalah cara utama untuk mengelola kondisi kronis tersebut, dimana sebagian lansia di atas 65 tahun mengalami artritis (radang sendi) yang dapat membuat aktivitas mereka terganggu," ucap dr Erny saat melakukan penyuluhan kesehatan Geriatri di halaman Parkir  RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas, Jumat (7/12/2018).

Kemudian, penyakit risiko kanker umumnya meningkat seiring pertambahan usia. Lebih dari 20% lansia di atas 65 tahun hidup dengan kanker. Kondisi tersebut sebenarnya dapat ditangani dengan deteksi dini melalui pemeriksaan seperti Papsmear, Sadari, dan Mammografi.

Selanjutnya, penyakit Demensia dapat menyebabkan gangguan ingatan, berpikir, dan tingkah laku yang kemudian memengaruhi aktivitas sehari-hari. 

Osteoporosis atau tulang keropos, penurunan massa tulang dan osteoporosis banyak dialami pada usia 50 tahun ke atas. Gaya hidup sehat seperti olahraga, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman keras, membatasi makanan yang tinggi kadar asam, serta mengonsumsi cukup makanan yang mengandung kalsium dapat membantu lansia mengelola kondisi ini.

Patah tulang. Para lansia sering mengalami jatuh hingga patah tulang. Hal ini karena gangguan keseimbangan, ditambah lansia banyak yang osteoporosis, dan Diabetes mellitus atau kencing manis. Semakin bertambah usia, mengendalikan kadar gula darah menjadi sangat penting

"Pertanyaannya sekarang apakah setiap lansia harus mengalami berbagai macam penyakit-penyakit tersebut. Jawabannya adalah tidak, karena menjaga berat badan agar tetap normal adalah salah satu langkah utama untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker dan diabetes," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru