Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Jawa Tengah Bantu Pembiayaan Program Transmigrasi di Desa Kahingai Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 07 Desember 2018 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) membantu pembiayaan program transmigrasi di Desa Kahingai, Kabupaten Lamandau, melalui dana sharing APBD.

Hal itu seiring dengan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian bersama tentang pola sharing APBD antara Pemprov Jateng dan Pemkab Lamandau di Kementrian Desa dan PDTT RI, Jumat (7/12/2018).

"Alhamdulillah, penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Jateng dan Pemkab Lamandau terkait sharing anggaran untuk program transmigrasi sudah berjalan lancar. Ini juga sebagai dasar Pemprov Jateng untuk dapat membantu pembiayaan," kata Bupati Lamandau, Hendra Lesmana.

Hendra memastikan, selain akan dibantu melalui dana sharing APBD, program transmigrasi di Lamandau tepatnya di Desa Kahingai yang rencananya ditempati 150 Kepala Keluarga (KK) tersebut. juga akan disupport anggaran dari Kemendes PDTT.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Lamandau, Sefamas Wijaya, mengatakan, untuk program transmigrasi di Desa Kahingai, Pemprov Jateng akan membantu dana sebesar kurang lebih Rp 7 miliar. Sementara anggaran dari Kementerian Desa dan PDTT yakni sekitar Rp 9 miliar. 

"Anggaran untuk program transimgrasi di Desa Kahingai ini totalnya sekitar Rp 16 miliar," jelasnya. 

Sefamas menambahkan, dukungan dana melalui sharing APBD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagaimana perjanjiannya akan menjadi pembiayaan untuk pembangunan 100 unit rumah transmigrasi dan jamban keluarga (RTJK) serta Sarana Air Bersih (SAB).

Sama halnya seperti anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat, sekalipun peruntukannya lebih kompleks.

Program transmigrasi di Desa Kahingai, Lecamatan Belantikan Raya nantinya akan ditempati oleh 150 KK, meliputi 100 KK transmigran asal Jawa Tengah, dan 50 KK lainnya merupakan transmigran lokal Lamandau. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru