Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Palangka Raya Cek Ketahanan Vaksin Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 08 Desember 2018 - 19:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya mengecek ketahanan vaksin rabies yang telah diberikan kepada hewan penular rabies sepanjang 2018 ini.

"Kita ambil sampel darah dari hewan-hewan yang sudah diberikan vaksin rabies sepanjang tahun ini. Sampel darah ini akan kita cek ketahanannya terhadap virus rabies, apakah vaksin anti rabies itu bagus dan mampu menangkal rabies, kita akan cek," kata Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono.

Menurut drh Eko, vaksin rabies pada hewan memang disarankan untuk jangka waktu enam bulan hingga satu tahun untuk diulangi kembali. Karenanya, sampel darah yang diambil salah satunya ialah dari hewan yang telah menerima vaksin rabies sekitar setahun belakangan.

"Kan sarannya satu tahun sekali vaksinnya diulang. Nah, kita lihat apakah yang sudah setahun ini divaksin masih bekerja, sehingga kita bisa memutuskan tindakan selanjutnya apakah tetap kita lakukan setahun sekali atau harus kita percepat menjadi enam bulan sekali," pungkasnya.

Berikut video kompilasi saat drh Eko mengambil sampel darah anjing yang telah divaksin rabies. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru