Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BNNK Gelar Tes Narkoba Bagi ASN Kantor Bupati Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Desember 2018 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Usai upacara bendera Senin (10/12/2018) para apatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), terlihat mengantre di sebuah meja di Aula Kantor Bupati. 

Secara bergantian para ASN mengambil sebuah cawan kecil, mereka terlihat tampak mengantre di kamar kecil yang berada di ruangan tersebut untuk buang air kecil untuk mengisi cawan kecil terbuat dari plastik bening. 

Setelah itu, cawan yang berisi urine atau  air seni tersebut kemudian diserahkan pada beberapa petugas berseragam biru dongker dan meletakkan ujung alat berbentuk test pack pada urine di cawan kecil itu.

Kegiatan tersebut merupakan proses tes narkoba yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kobar.

Kepala BNNK Kobar I Wayan Korna menjelaskan kegiatan tes narkoba yang diikuti 201 ASN di Kantor Bupati, memang dilakukan secara mendadak.

"Kegiatan yang kami lakukan ini merupakan pelaksanaan perintah Presiden RI yang disampaikan melalui Menteri Pendayagunaan Apartur Negara bahwa setiap ASN wajib mengikuti tes urine," jelas Wayan.

Hal tersebut, lanjut Wayan, guna memastikan ASN bebas dari penggunaan narkoba.

"Karena itulah kegiatan ini kita gelar mendadak. Sehingga bila ada yang pernah memggunakan narkoba bisa segera ketahuan melalui tes urin. Tes serupa juga bakal kita lakukan di instansi lainnya, tetap dengan kegiatan yang mendadak," jelas Wayan.

Menurut Wayan hasil akhir tes narkoa yang dilakukan pihaknya ini, akan dilaporkan secara langsung pada Bupati Kobar.

"Nantinya hasil akhir tes tersebut akan dilaporkan secara tertulis melalui surat resmi pada Bupati Kobar. Jadi beliaulah yang berhak menyampaikan hasil akhir tersebut pada media," jelas Wayan. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru