Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mitigasi Bencana di Palangka Raya Perlu Dipersiapkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 10 Desember 2018 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya At Prayer mengatakan bahwa 'Kota Cantik' ini sudah perlu mempersiapkan mitigasi bencana, termasuk untuk banjir yang bisa kerap terjadi.

"Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Sekarang, tentunya mitigasi bencana perlu dipersiapkan di Kota Palangka Raya, terutama buat masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggiran aliran sungai," kata Prayer, Senin (10/12/2018).

Politisi Partai Gerindra ini mengarakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah maupun kabupaten/kota juga tidak salah jika memiliki kemampuan merelokasi masyarakat tersebut dangan membangun infrastruktur rumah sederhana layak huni dengan kredit lunak di tempat-tempat yang representatif untuk dibangun.

"Dilihat dari histori, dahulu tidak terlalu sering banjir musiman itu. Sekarang dengn semakin maju sains, pertumbuhan jumlah penduduk, ditambah lagi perubahan ekosistem hutan kita menjadi lahan perkebunan, itu semua berdampak juga terhadap kemampuan tanah dalam menginfiltrasi air yang datang berlimpah tanpa ada penyaring (hutan alami)," tandasnya.

Karenanya Prayer berharap mitigasi bencana harus benar-benar dipikirkan dan dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengantisipasi bencana, termasuk banjir musiman. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru