Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hasil Riset, Konsumsi Rokok di Kotim Capai 1 Juta Batang Per Hari

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Desember 2018 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sampit, Indasah, mengungkapkan bahwa total konsumsi rokok di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencapai 1 juta batang per hari.

"Kami sempat melakukan perhitungan berdasarkan riset dari Kementerian Keuangan bahwa pada 2016 lalu konsumsi rokok di Kotim mencapai 1 juta batang per hari," ujarnya, Selasa (11/12/2018). 

Bila diakumulasikan, konsumsi rokok di Kotim per tahun mencapai 358,5 juta batang. Jumlah konsumsi itu sudah termasuk rokok ilegal dan legal. Itu artinya Kotim menjadi lahan favorit bagi pebisnis rokok, baik legal maupun tidak.

"Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami untuk melindungi masyarakat, dikarenakan dampak negatif bagi kesehatan yang ditumbuhkan," ungkap Indasah.

Melalui hasil cukai dengan mekanisme dana bagi hasil tembakau (DBH CHT), yang ditransfer ke daerah paling sedikit 50%, untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JHT), sesuai amanat PMK Nomor 222 Tahun 2017.

"Selain itu, program pembinaan sosial meliputi pelayanan kesehatan, ketenagakerjaan, infrastruktur, pembinaan ekonomi masyarakat, dan lingkungan hidup, juga mendapatkan porsi dari DBH CHT. Yang mana disesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing," ungkap Indasah. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)

Berita Terbaru