Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Budaya Betung Katingan tak Lagi Dipoles

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Desember 2018 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Desa Budaya Betung yang berada di Jalan Tjilik Riwut Km 6 antara Kasongan - Kereng Pangi sejauh ini tidak lagi dipoles atau dibenahi oleh pemerintah daerah.

Padahal sejak ditetapkannya Dusun Betung ini menjadi Desa Budaya Dayak Kabupaten Katingan oleh pemerintah daerah tahun 2015 lalu, sejumlah fasilitas mulai dibangun termasuk gedung sekolah dasar dan perbaikan jalan di wilayah ini serta pembangunan jembatan di atas danau.

Akan tetapi belakangan Desa Budaya Dayak ini terkesan tidak diurus lagi oleh pemerintah daerah.

"Sayang aja kalau melihat Desa Budaya Dayak di Dusun Betung ini yang tidak digarap maksimal oleh pemda, sebab tempat ini memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan sebagai obyek wisata," Iwan, warga Kasongan, Selasa (11/12/2018).

Padahal, kata dia hampit tiap hari terutama libur Minggu Desa Budaya Dayak Betung ini selalu dikunjungi warga baik dari warga seputaran  Kasongan dan luar daerah.

"Harusnya kalau memang benar-benar mau digarap Desa Budaya ini segera dilengkapi sarana dan prasarananya, misalnya dibangunkan gasebo atau bangunan rumah penduduk yang bangunannya beretnik khas Dayak, atau fasilitas lain yang berhubungan dengan budaya orang Dayak," imbuhnya.

Dari pantauan borneonews.co.id di lokasi Desa Budaya Dayak di Dusun Betung Desa Tumbang Liting. Kecamatan Katingan Hilir, tampak gedung sekolah dasar yang dibangun sejak 2016 hingga saat ini masih belum ditempati.

Sedangkan fasilitas lain tampak masih belum terlihat, hanya jembatan titian dari ulin yang tampak terlihat yang selama ini dijadikan tempat selfi oleh warga yang datang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru