Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rokok Ilegal di Kotim dari Kudus, Malang, dan Sidoarjo

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Desember 2018 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini cukup banyak rokok ilegal yang masuk ke Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), yang mana rata-rata dipasok dari pulau Jawa seperti dari Kudus, Malang, dan juga Sidoarjo. 

"Pasokan rokok ilegal di Kotim ini, rata-rata dari tiga daerah tersebut," ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Sampit Indasah, Selasa (11/12/2018). 

Adapun rokok ilegal tersebut kebanyakan dipasok melalui jalur laut menggunakan kapal. Hal itu terjadi dengan sangat mudah, apalagi di Kotim ini sangat banyak transportasi melalui kapal, baik itu kapal barang, penumpang, hingga jenis kapalainnya. 

Setelah sampai di Kotim, baru pihak agen yang ada di daerah ini mendistribusikan ke sejunlah pengecer seperti warung dan juga distributor lainnya. 

"Itulah yang seri kami temukan di lapangan, bahkan banyak rokok yang kami razia tersebut didapat di warung dan juga distributor yang ada di daerah ini," kata Indasah. 

Dengan adanya hal itu, pihaknyapun terus berkoordinasi bersama pemerintah darah untuk melakukan penindakan terhadap rokok ilegal tersebut. Hal itu dilakukan sebagai upaya agar rokok legal bisa lebih meningkat penjualannya. Sehingga berdampak pada pendapatan negara. 

Sementara, pada Selasa (11/12/2018), pihak KPPBC Tipe Madya Pabean C Sampit melakukan pemusnahan terhadap 13.236 bungkus rokok ilegal, atau setara dengan 263.468 batang rokok. Semua dimusnahkan dengan cara dibakar. Jumlah yang cukup besar tersebut merupakan hasil tangkapan sejak 2016 hingga 2018 ini. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru