IJTI Kalteng Ajak Siswa SMAN 2 Palangka Raya Pahami Jurnalistik

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 14 Desember 2018 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Para wartawan yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengajak puluhan siswa SMAN 2 Kota Palangka Raya memahami tentang dunia jurnalistik.

Ketua IJTI Kalteng, Tantawi Jauhari menerangkan profesi jurnalistik sangat berperan dalam membangun karakter bangsa.

"Sebenarnya jurnalis adalah ilmu yang harus dipahami oleh semua orang mengingat berita adalah hal yang sangat penting," ucap Awi saat memberikan materi workshop jurnalistik di SMAN 2 Palangka Raya, Jumat (14/12/2018) pagi.

Awi yang merupakan wartawan Metro TV ini menerangkan dengan majunya teklonolgi saat ini memudahkan semua kalangan untuk mengakses berita.

"Namun tidak semua berita yang kita baca adalah benar. Untuk itu jurnalis hadir sebagai penyambung lidah masyarakat dan pemerintah melalui ikatan kode etik pers," tambahnya.

Melalui ikatan kode etike inilah, para pelaku jurnalis diharuskan untuk membentuk dan mengolah pemberitaan berdasarkan fakta di lapangan.

Dalam workshop ini juga diikuti seluruh pengurus IJTI Kalteng seperti Imam Mangkunegara (Dayak TV), Ade Sata (MNCTV), Ahmadi (Metro TV), Agus Supriyanto (TVOne), dan lainnya. (GAZALI/B-6)

Berita Terbaru