Siswa SMAN 2 Bertanya Bagiamana Jadi Jurnalis, Ini Tanggapan Ketua IJTI Kalteng

  • Oleh Rahmat Gazali
  • 14 Desember 2018 - 10:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Siswa SMAN 2 Kota Palangka Raya mengikuti workshop jurnalistik yang diinisiasasti oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dalam dialog ini salah satu siswa bertanya tentang bagaimana menjadi seorang jurnalis. "Saya ingin tahu bagaimana caranya menjadi jurnalis, apakah harus sekolah dan kuliah sesuai jurusan penyiaran terlebih dulu atau tidak," ujar Yulia, Jumat (14/12/2018).

Menanggapi pertanyaan ini, Ketua IJTI Kalteng Tantawi Jauhari menyebut menjadi soerang jurnalis tidak haru menempuh pendidikan tertentu.

"Idealnya memang seperti itu, menempuh pendidikan tentang jurnalistik, namun kebanyakan pelaku jurnalis kita di sini tidak seperti itu, asalkan ada niat kuat, mau berlatih menjadi reporter atau menulis dan mau memahami kode etik siapa saja bisa menjadi jurnalis," ujar wartawan Metro TV ini.

Selain itu Sekertaris IJTI Kalteng Imam Mangkunegara menyebut, jika pandai berorganisasi dan sering berbicara di depan orang banyak akan sangat memudahkan jika ingin mendalami dunia jurnalistik. (GAZALI/B-6)

Berita Terbaru