Diskominfosandi Barito Utara Targetkan Seluruh Desa Bebas Blank Spot Pada 2023

  • Oleh Ramadani
  • 14 Desember 2018 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh– Pemerintah Kabupaten Barito Utara menargetkan seluruh desa bebas blank spot atau tidak ada jaringan seluler pada 2023.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Barito Utara M Iman Topik, Jumat (14/12/2018), mengatakan bahwa pihaknya saat ini berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat akan jaringan seluler.

Sampai saat ini, sekitar 57% dari 93 desa di Kabupaten Barito Utara sudah tersedia jaringan seluler. “Hanya tinggal 43% yang masih belum bebas blank spot,” katanya.

Disampaikan Iman Topik, pada tahun ini pihaknya telah memasang penguat signal di enam desa yakni Mukut, Datai Nirui, Majangkan, Jaman, Buntok Baru, dan Kelurahan Montallat II. Dengan jangkauan signal mencapai radius kurang lebih 50 meter.

“Pemasangan penguat signal seluler di enam desa itu merupakan bantuan dari pemerintah daerah. Kami melakukan pemasangan di lokasi strategis yang sering diakses masyarakat desa seperti di kantor desa,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah desa juga berinisiatif memasang penguat signal dengan menggunakan dana desa, seperti di 10 desa di Kecamatan Lahei Barat, Desa Muara Bakah di Kecamatan Lahei, dan Desa Liang Naga di Kecamatan Teweh Baru. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru