Kelurahan Mentawa Baru Hilir Adakan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Rahim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Desember 2018 - 20:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Guna melakukan pendeteksian dini kangker payudara dan kanker leher rahim di masyarakat, Kelurahan Mentawa Baru Hilir, dan Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuka pemeriksaan gratis kepada masyarakat. 

"Kami membuka pemeriksaan gratis bagi warga yang ingin memeriksa kesehatan mereka, terutama pendeteksian kanker payudara dan juga leher rahim," ujar Lurah Mentawa Baru Hilir, Maya Anisa, Senin (17/12/2018). 

Pemeriksaan gratis tersebut dilakukan dengan bekerjasama pihak Puskesmas Ketapang II. Semuanya dilakukan untuk masyarakat di enam desa dan dua kelurahan di wilayah MB Ketapang. 

Pelaksanaan pemeriksaan gratis deteksi dini kanker itu dilakukan selama tiga hari, sejak hari ini. Dan ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi, yang mana mereka berdatangan untuj memeriksa kesehatan mereka.

"Alhamdulillah cukup antusias masyarakat, ini baru hari pertama. Kemungkinan besok akan makin banyak lagi," ungkap Maya. 

Pihaknya melakukan pemeriksaan gratis tersebut sebagai upaya memininalisir banyaknya masyarakat yang menderita kanker tersebut, terutama para perempuan.

Sehingga pihaknya berinisiatif bekerjasama dengan puskesmas melakukan pendeteksian dini. Dengan menggunakan metode Iva dan Sadanis. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru