Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satu-satunya Orangutan Albino di Dunia Dilepasliarkan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Desember 2018 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya– Alba, orangutan albino, akhirnya dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan, setelah menjalani rehabilitasi di Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng, Palangka Raya, Selasa (18/12/2018).

Informasi yang diperoleh dari Humas Yayasan BOS, orangutan albino itu merupakan satu-satunya di dunia yang dirawat di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng.

Alba akan dikembalikan ke habitatnya bersama satu orangutan betina lain yang berusia sama. Orangutan itu bernama Kika.

Pelepasliaran tersebut dilakukan Yayasan BOS bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE).

Pelepasliaran tersebut juga mendapat dukungan dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan berbagai pihak lain.

Gubernur menyambut baik kepulangan Alba ke TNBBBR. Dalam rilisnya, Gubernur sempat menekankan bahwa Alba merupakan aset berharga sekaligus branding daerah Kalimantan Tengah.

Meski keputusan untuk melepasliarkan di taman nasional berbeda dengan rencana sebelumnya, yakni menempatkan Alba di pulau suaka berhutan, Gubernur yakin dengan kerja sama yang baik semua bisa menjamin Alba hidup liar di alam sejati. 

Ia juga berharap semua pihak mendukung pelestarian Alba termasuk semua orangutan lainnya di Kalimantan Tengah. (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru