Bapenda Dan Satpol PP Kobar Pasang Spanduk Peringatan di Bangunan Sarang Walet

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 Desember 2018 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Batas akhir pembayaran pajak sarang burung walet semakin dekat. Yang mana tanggal jatuh temponya ditetapkan pada 31 Desember 2018.

Menyikapi hal itu, petugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bersama Satpol PP, Selasa (18/12/2018), memasangan spanduk peringatan di bangunan penangkaran sarang walet yang pemiliknya belum menunaikan kewajiban membayar pajak.

Kepala Bapenda Kobar Molta Dena kepada Borneonews, menuturkan bahwa Tim Yustisi sebenarnya sudah mulai memasang spanduk peringatan sejak Juli 2018.

"Hingga Desember ini Tim Yustisi sudah melakukan pendataan, inventarisasi hingga penyampaian peringatan pada pemilik bangunan sarang walet yang hingga kini  masih belum kooperatif melakukan pembayaran pajak sarang walet," sebutnya.

Hal tersebut, lanjut Molta, bertujuan mengingatkan para pemilik bangunan sarang walet agar segera menunaikan kewajiban mereka.

"Karena penerimaan pajak dari sektor sarang burung walet dari target pendapatan Rp5 miliar setahun,  saat ini hanya mencapai Rp1,78 miliar  atau baru 21,56%," sebutnya.

Menurut Molta, kesulitan untuk bertemu langsung pemilik bangunan sarang walet menjadi penyebab rendahnya penerimaan dari sektor tersebut.

"Karena kita masih belum mendapatkan data berapa produksi dan pendapatan mereka untuk melakukan penghitungan pajak yang nilainya 10% dari nilai jual," sebut Molta. (KRIDA/B-3)

Berita Terbaru