Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kotak Suara Kardus hingga Pindah Domisili Jadi Pembahasan KPU Katingan Dalam Dialog Publik 

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Desember 2018 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan menggelar dialog publik pemilu 2019 di Rumah Makan Putri Cahaya Kasongan, Selasa (18/12/2018) malam.

Kotak suara kardus dan pemilih pindah domisili jadi pembahasan utama KPU dengan undangan dari berbagai komponen masyarakat.

"Masalah kotak suara kardus dalam pkan ini jadi pembicaraan di ruang publik dan media sosial, dan ini menjadi isu yang sensasi yang dibicarakan," kata Ketua KPU Katingan Usman Sitepu diawal dialog. 

Pasalnya, ada pro kontra mengenai kotak suara kardus ini di masyarakat. "Di sini saya coba jelaskan, yang dinyatakan kardus tadi. Yang jelas kotak suara yang akan kita gunakan pada pemilu 2019 mendatang berbahan dari karton, bukan kardus. Jadi kotak suara ini sudah KPU nyatakan kuat dan aman serta tranparan," ungkap Usman.

Bentuknya kotak dan kokoh, bisa ditindih. Kotak suara ini sudah diguanakan KPU sejak 2014.

Pada pemilu kepala daerah Kabupaten Katingan tahun 2015 lalu, kotak suara tersebut juga telah digunakan.

Pada pilkada Katingan 2018 kotak suara itu juga digunakan.

Menurut Usman, penggunaan kotak suara kardus ini sesuai dengan Undang-undang tentang Pemilihan Umum pasal 341 ayat 1 tentang perlengkapan kotak suara untuk pemungutan suara harus bersifat transparan, yang bermakna bahwa isi kotak suara harus terlihat dari luar.

Selain itu masalah pindah domisili juga menjadi pembahasan hangat pada dialog tersebut. "Untuk yang pindah domisili, misalnya dari daerah pemilihan satu pindah ke dapil dua yang masih dalam satu wilayah kabupaten misalnya, yang bersangkutan saat mencoblos nantinya hanya mendapatkan empat surat suara saja, sebab regulasinya beda dengan sebelumnya," katanya.

Sejumlah peserta tampak antusias memberikan pertanyaan ataupun saran terkait pemilu 2019 mendatang. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru