Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Prihatin Harga Sawit Merosot

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 Desember 2018 - 06:48 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas menyatakan rasa keprihatinannya dengan merosotnya harga tandan buah segar (TBS) sawit.

"Sangat prihatin dengan murahnya harga kelapa sawit selama ini. Sebab ditingkat petani sekarang di wilayah Kabupaten Katingan saat ini harga TBS sawit itu hanya dihargai tidak lebih dari Rp500 per kg," tutur Bupati Katingan Sakariyas, belum lama ini.

Bupati berharap harga TBS sawit bisa kembali normal seperti sebelumnya yakni berkisar Rp1.500 per kg ditingkat petani.

Harapan Bupati cukup beralasan karena saat ini sejauh ini banyak masyarakat di daerahnya membudidayakan atau memiliki kebun kelapa sawit.

"Kalau sekarang harganya terus murah, lalu bagaimana nasib petani kelapa sawit kita Ini jelas sangat berpengaruh sekali, sebab mereka hidupnya dari sawit," kata Bupati.

Bupati menyatakan mendukung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang berkomitmen memerangi terhadap isu negatif sawit ini yang disampaikan awal Desember lalu.

"Harapan saya kedepan harga kelapa sawit ini bisa kembali normal seperti semula, sehingga petani atau pemilik kebun sawit bisa bergairah lagi," imbuhnya.(ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru