Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Anggota HMI Kotim Lakukan Aksi Solidaritas Muslim Uighur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Desember 2018 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puluhan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan aksi solidaritas muslim Uyghur, berawal dengan longmarch dari sekretariat ke Bundaran Pemkab Kotim, Kamis (20/12/2018) sore.

Aksi tersebut dilakukan sebagai upaya solidaritas kepada muslim Uighur di China, yang mendapatkan kekerasan dan diskriminasi.

"Ini sebagai bentuk solidaritas kami terhadap muslim Uighur. Dengan tuntutan mendesak Pemerintah Cina untuk menghentikan kekerasan dan diskriminasi terhadap muslim Uighur," kata Koordinator Lapangan HMI Kotim, Rakhmad Jimmy.

Dalam aksi yang dilakukan tersebut, mereka menyatakan pernyataan sikap. Di antaranya yakni, mengutuk keras diskriminasi terhadap muslim Uighur, mendesak pemerintah Cina untuk segera menghentikan kekerasan terhadap muslim Uighur, mendesak PBB dan OKI untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam menghentikan tragedi penindasan tersebut.

Selain itu, mereka juga menuntut pemerintah daerah agar dapat menyampaikan kepada pemerintah pusat guna dilakukannya diplomasi antar kedua negara.

"Kami juga meminta kepada masyarakat di Kotim ini agar bisa mendoakan saudara kita di dunia agar selalu dalam lindungan Allah," kata Jimmy.

Tuntutan tersebut dilayangkan pihaknya sambil berorasi di tengah keramaian dan hilir mudiknya kendaraan di Bundaran Pemda. 

"Sebagai sesama umat muslim kita harus saling medoakan dan saling dukung. Jangan sampai melihat saudara seagama kita ditindas, kita hanya diam. Namun harus ada aksi baik itu mendoakan ataupun hal lainnya," tegas Jimmy.

Sementara, dalam aksi solidaritas tersebut, ada 50 orang anghota HMI yang turun. Semuanya merupakan mahasiswa yang ada di Kotim ini. (MUHAMMAD HAMIM/) 

Keterangan foto : Sejumlah anggota HMI Kotim saat melakukan aksi solidaritas untuk muslim Uyghur. 

Berita Terbaru