Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Kapuas Pastikan Fery Penyeberangan Sediakan Alat Keselamatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Desember 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas memastikan bahwa fery penyeberangan tradisional sudah menyediakan alat keselamatan yang cukup bagi penumpang.

Alat keselamatan itu diperlukan guna mengantisipasi hal tidak diinginkan seiring melonjaknya jumlah penumpang jelang Natal dan tahun baru.

Kasi Bidang Keselamatan Dishub Kapuas Ridho beserta petugas lainnya, Kamis (20/12/2018), bahkan memantau langsung fery penyeberangan tradisional yang sedang beroperasi.

"Untuk keadaannya setelah kita cek tadi, itu sudah mencukupi untuk standar keselamatannya pada ferry penyeberangan tradisional," ungkap Ridho kepada wartawan.

Ia menegaskan bahwa sudah menjadi suatu keharusan pengusaha fery penyeberangan menyediakan alat keselamatan. Minimal berupa pelampung hingga perahu karet.

"Artinya kalau untuk pelampung wajib sebanyak jumlah penumpang yang ada, sebanyak itu juga harus disediakan oleh pemilik usaha ferry," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, menjelang Natal dan tahun baru sekaligus musim libur sekolah, Dishub terus mengecek kelaikan fery maupun keselamatannya. Pengecekan dilakukan bertahap untuk memastikan kesiapan fery mengangkut penumpang.

"Ini kita terus lakukan. Total hari ini ada enam titik khusus dalam kota Kuala Kapuas yang kita cek fery penyeberangan tradisionalnya," pungkas dia. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru