Jumlah Kasus Kecelakaan Lalu Lintas di Kotim Meningkat

  • Oleh Achmad Syihabuddin
  • 20 Desember 2018 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengalami peningkatan pada 2018 dari tahun sebelumnya.

Kasat Lantas Polres Kotim, AKP Yudha Setiawan mewakili Kapolres AKBP Mohammad Rommel, mengatakan, di tahun 2017 jumlah kecelakaan lalu lintas ada 151 kasus.

"Hingga penghujung tahun 2018 ini, totalnya sudah 173 kasus. Namun, angka kerugian materil nya menurun. Di tahun 2017 berkisar Rp 437,7 juta, di tahun ini ada Rp 374,5 juta," kata Kasat Lantas Polres Kotim, Kamis (20/12/2018).

Selain itu, jumlah korban meninggal dunia lakalantas juga meningkat. Dari 83 korban meninggal dunia, naik menjadi 86 korban. Jenis kecelakaan, ada yang tunggal, tabrakan dua jenis kendaraan, dan tabrakan beruntun.

Meningkatnya angka laka lantas rata-rata akibat pengemudi yang kurang berhati-hati dalam berkendara. Oknum yang terlibat laka kebanyakan mengemudi dalam keadaan mengantuk. Ada juga yang tidak memeriksa kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan.

Terkait itu, AKP Yudha mengimbau kepada para pengendara agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

"Semua hal yang mengatur lalu lintas harus ditaati. Keselamatan itu yang terpenting, bukan kecepatan. Mari kita sama-sama menjadi pengendara yang bijak dan menjadi pelopor utama berkendara tertib, aman dan nyaman. Keselamatan untuk kemanusiaan," tegas dia. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-11)

Berita Terbaru