Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kepulauan Riau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Targetkan Swasembada Daging pada 2021

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Desember 2018 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) saat ini terus berupaya mengembangkan ternak sapi. Hal tersebut dilakukan guna mencapai target swasembada daging pada 2021 mendatang. 

"Target kami mulai 2019 ini akan berupaya mengembangkan ternak sapi sehingga bisa tercapai swasembada daging pada 2021 mendatang," ujar Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara, Jumat (21/12/2018). 

Dengan adanya target tersebut, pihaknyapun saat ini sudah mulai melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk melakukan ternak sapi. Bahkan hingga saat ini sudah ada sekitar 400 ekor sapi yang mulai diternak oleh empat perusahaan besar swasta (PBS) yang bergerak di perkebunan kelapa sawit. 

"Kemungkinan besar nanti pada 2019 mendatang akan bertambah perusahaan yang melakukan pemeliharaan sapi sehingga target pada 2021 tersebut bisa tercapai nantinya," kata Made. 

Pihaknya saat ini juga sedang menunggu pengesahan perda tentang kerjasama dengan PBS terkait peternakan sapi tersebut. Sehingga jika semua sudah disahkan, maka seluruh PBS di Kotim akan wajib melakukan peternakan sapi. 

"Mudah-mudahan perda segera disahkan. Sehingga dapat target swasembada daging bisa terwujud nantinya," ungkap Made. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru