Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesadaran Masyarakat Pangkalan Bun Terkait Sampah Masih Sangat Rendah

  • Oleh Andreansyah
  • 21 Desember 2018 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Kesadaran masyarakat Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam membuang sampah masih sangat rendah. Salah satu indikatornya, masih banyak masyarakat membuang sampah di sembarang tempat.

Bupati Kobar Nurhidayah saat kegiatan gerakan Jumat bersih, Jumat (21/12/2018), mengatakan bahwa dirinya sering menemukan sampah berserakan di tepi jalan raya. Padahal, di kawasan itu sudah ada larangan membuang sampah.

"Kesadaran masyarakat masih sangat minim. Hal itu terlihat saat kita melewati jalur Pangkalan Bun-Kolam. Masih terlihat sampah plastik yang berserakan di areal Bundaran Tudung Saji di Kelurahan Baru," kata Bupati.

Menurutnya, kategori masyarakat dalam hal kesadaran membuang sampah ada tiga. Yakni sadar, setengah sadar, dan tidak sadar. Sehingga kebersihan lingkungan tergantung pada sikap masyarakat.

"Masyarakat yang sadar adalah mereka yang membuang sampah di TPS dengan memasukan sampah pada tempatnya dan pada waktu yang ditentukan yakni pukul 18.00 hingga 06.00 WIB," ungkapnya.

Bupati mengaku, sudah mengeluarkan kebijakan terkait sampah, yakni dengan program gerakan Jumat bersih sebagai upaya menyadarkan masyarakat.

"Gerakan Jumat bersih ini untuk meingatkan kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Bila gerakan ini tidak efektif, kita akan menegakkan Perda Nomor 1 Tahun 2017 yang sudah diberlakukan," tuturnya. (Andreansyah/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru