Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sabu Raijua Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Bandara Tjilik Riwut Apresiasi Konsistensi Aparat Menjamin Keselamatan Penerbangan

  • 22 Desember 2018 - 11:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Kepala Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Paryono mengapresiasi jajaran Kepolisian dan juga BBN Kota Palangka Raya dalam menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya.

Konsistensi jaminan keselamatan dan keamananan penerbangan yang dilakukan oleh aparat kepolisian berupa melakukan pengecekan uji kelayakan pesawat disertai dengan tes urine yang dilakukan jelang hari raya.

Paryono mengatakan, pihaknya mendukung langkah antisipasi yang dilakukan oleh aparat dalam menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan dengan cara melakukan tes urine kepada para kru pesawat maskapai penerbangan.

“Keselamatan penerbangan itu salah satunya kondisi fisik para kru, di antaranya stamina dan kesehatan kru. Melalui kegiatan ini, hal tersebut bisa terjamin. Jadi, kami sangat berterimakasih kepada Polres palangka Raya dan BNN Kota Palangka Raya telah bersedia melakukan tes urine ini, bahkan sejak Natal tahun lalu,” ujar Paryono, Sabtu (22/12/2018).

Selain itu, salah satu pilot pesawat maskapai Lion Air, Akamarul Zaman yang turut serta dalam kegiatan tersebut mengaku setuju dengan kegiatan tersebut agar bisa menjadi salah satu tindakan monitoring terhadap para pilot dan juga pramugari untuk lebih professional dalam bekerja dan tidak menggunakan narkoba.

“Tentu kegiatan random seperti ini bagus, karena penerbangan manjadi lebih aman. Jika ada pilot yang sampai ketahuan posotif pakai narkoba, tetntu sanksinya mungkin lisensi terbangnya akan dicabut,” ujar Akamarul Zaman.

Tim gabungan melakukan tes urine kepada 2 maskapai penerbangan yakni Lion Air dan Wings Air. Tes tersebut dilakukan terhadap 20 orang kru yang terdiri dari pilot dan pramugari. Dari hasil tersebut keseluruhannya negatif narkoba. (AGUS/B-2)
 

Berita Terbaru