Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tujuh Sekolah di Kotawaringin Barat Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 Desember 2018 - 17:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Prestasi membanggakan diraih Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Pasalnya dari 8 sekolah di Provinsi Kalteng yang mendapatkan anugerah Adiwiyata Nasional, 7 di antaranya berada di Kabupaten Kobar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kobar, Rosihan Pribadi, Sabtu (22/12/2018), mengatakan prestasi itu membanggakan bagi kabupaten berjuluk Bumi Marunting Batu Aji ini.

"Menteri LHK ingin di tahun 2019 kegiatan Adiwiyata ini menjadi gerakan nasional. Tujuannya, agar anak usia sekolah di Indonesia memiliki kebiasaan mencintai lingkungan hidup," kata Rosihan.

Rosihan menambahkan, dengan adanya penghargaan tersebut juga bisa menginspirasi siswa dan sekolah untuk berprestasi secara akademis dan turut mendukung program Adiwiyata.

"Tujuan penghargaan Adiwiyata ini sangat mulia. Yakni menanamkan sejak usia dini, tentang kesadaran jiwa konservasi dan cinta lingkungan. Kedua hal tersebut merupakan salah satu isu global di dunia, yaitu pembangunan  berwawasan lingkungan atau go green," jelas Rosihan.

Menurut Rosihan hingga saat ini, Kabupaten Kobar telah memperoleh 1 Adiwiyata Mandiri, 14 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 21 Adiwiyata Provinsi.

Adapun tujuh sekolah tersebut, rinciannya 5 sekolah dasar (SD) dan 2 SMP. Yakni SDS Astra Agro Lestari, SDS Bumitama 1, SDS Harapan Sejahtera, SDS Pesona Astra, SDS Surya Perdana, SMP Astra Agro Lestari dan SMP Indah Makmur.

Adiwiyata, merupakan penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu bertanggungjawab terhadap lingkungan hidup.(WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru