Rasa Cinta Masyarakat terhadap Tanah Air Mulai Pudar

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Desember 2018 - 11:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Saat ini, banyak masyarakat baik itu orangtua maupun pemuda yang kurang peduli terhadap negaranya sendiri. Kondisi ini membuktikan bahwa masyarakat belum atau kurang memiliki rasa cinta terhadap Tanah Air. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Pasi OPS Kodim 1015 Sampit Kapten INF Gunadi, saat menjadi pembicara pada sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. 

"Saat ini memang banyak masyarakat khususnya pemuda di Kotim kurang atau rasa cinta mereka terhadap Tanah Air sudah mulai pudar. Tentunya bukan hanya kesalahan beberapa pihak, namun semua ini tanggungjawab kita bersama," ujar Gunadi, Rabu (26/12/2018).

Dirinya menerangkan, salah satu penyebab dari hal itu adalah kurangnya pendidikan tentang cinta Tanah Air yang diberikan baik di sekolah maupun di bangku perkuliahan. Sehingga banyak pemuda ataupun masyarakat tidak memahami bahkan tidak mengetahui apa arti nasionalisme. Sehingga ini adalah salah satu cacat yang sudah menganga lebar. 

Sebab lainnya yakni dari masyarakat itu sendiri. Kebanyakan saat ini mereka merasa malas dan enggan mempelajari serta memahani pendidikan tentang kenegaraan. Namun lebih memilih atau berminat mengenal budaya-budsya barat yang sudah menggelobal. 

"Namun jika dilihat, budaya barat saat ini malah banyak yang berlawanan dengan budaya di Indonesia sendiri. Sehingga hal itu harus dihilangkan," terang Gunadi.

Dengan adanya hal itu, dirinya berharap agar masyarakat merasa bertanggungjawab untuk mempertahankan diri dari pengaruh negatif dari luar. Namun lebih memilih mempertahankan budaya yang ada di Indonesia saat ini, sebagai wujud cinta Tanah Air. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru