Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beredar Video Angin Puting Beliung di Pantai Ujung Pandaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 26 Desember 2018 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Beredarnya foto dan video angin puting beliung di laut Pantai Ujung Pandaran, Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

Gambar tersebut meramaikan dunia maya baik instagram maupun facebook dan whatsapp. Di mana banyak dari mereka takut melihat kejadian tersebut, karena bisa berdampak buruk jika angin tersebut naik kedaratan. 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit Nur Setiawan menyatakan, angin puting beliung itu terjadi di laut (water sport). Dengan kondisi ini sehingga pihaknya tidak bisa memverifikasi karena tidak menimbulkan kerusakan. 

"Karena angin puting beliung tersebut terjadi di laut, maka kami tidak bisa memverifikasinya. Karena tidak ada kerusakan akibat dari itu," ujar Setiawan, Rabu (26/12/2018). 

Beda halnya dengan kejadian di daerat, maka dampaknya cukup besar. Bahkan lintasan yang dilewati angin puting beliung tersebut akan menimbulkan kerusakan. Seperti atap rumah yang terangkat, dan sejumlah benda lainnya. 

Namun dari pantauan pihaknya, saat ini potensi cuaca yang terjadi hingga ke daratan adalah angin kencang. Seperti beberapa waktu lalu yang berdampak pada ambruknya betang atau pendopo wisata Pantai Ujung Pandaran. 

"Sedangkan puting beliung sendiri, kemungkinan pasti ada. Namun tidak bisa diprediksi kapan terjadinya. Sehingga harus diwaspadai," kata Setiawan. 

Kepala Desa Ujung Pandaran Aswin Nur mengatakan, memang benar adanya angin puting beliung tersebut. Yang mana direkam oleh nelayan Ujung Pandaran saat pulang melaut pada Selasa (25/12/2018). 

"Posisinya saat direkam berada di perbatasan antara Desa Setiruk dan Ujung Pandaran. Dan itu sangat jauh dari Pantai Ujung Pandaran," terang Aswin. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru