Hingga 22 Desember 2018 Bandara Iskandar Pangkalan Bun Layani 670 Ribu Penumpang

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Desember 2018 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasarkan data sementara hingga 22 Desember 2018 jumlah penumpang yang dilayani Bandara Iskandar Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sepanjang 2018 sudah mencapai 670 ribu.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Iskandar Pangkalan Bun Ambar Suryoko, Jumat (28/12/2018) menjelaskan jumlah tersebut diperkirakan bakal terus bertambah hingga 31 Desember 2018.

"Diperkirakan sampai 31 Desember 2018 jumlahnya mencapai 680 ribu," jelasnya.

Menurut Ambar, berdasarkan data tersebut,  terdapat peningkatan jumlah jumlah penumpang yang dilayani Bandara  Iskandar Pangkalan Bun pada 2018 dbandingkan dengan 2017.

"Tahun lalu jumlah penumpang yang dilayani berjumlah 629 ribu. Artinya terdapat peningkatan sekitar 8 persen," imbuhnya.

Menurutnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab peningkatan jumlah penumpang pada tahun ini.

"Pertama adalah faktor kebutuhan masyarakat yang meningkat untuk menggunakan moda transportasi udara. Kemudian adanya penambahan satu maskapai baru  dari dua maskapai yang ada untuk melayani rute Pangkalan Bun ke beberapa kota di Pulau Jawa juga merupakan faktor yang membuat  jumlah penumpang semakin meningkat," sebutnya.

Dengan adanya peningkatan penumpang tersebut, menurut Ambar tidak lama lagi kelas Bandara Iskandar bakal terdapat peningkatan kelas dari saat ini yaitu kelas II.

"Sebenarnya dengan jumlah arus keluar masuk penumpang tersebut, Bandara Iskandar sudah layak naik menjadi Bandara Kelas I. Kemungkinan dalam waktu dekat, hal ini akan terealisasi," tandasnya. (YUDA/B-6)

Berita Terbaru