Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

India Bakal Pangkas Bea Masuk CPO 2019

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 30 Desember 2018 - 09:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - India sepertinya akan menurunkan bea masuk untuk minyak sawit (CPO) mulai tahun depan, menanggapi permintaan dari dua produsen minyak sawit terbesar dunia, yakni Indonesia dan Malaysia.

Menurut sumber di otoritas India, seperti dilansir PTI akhir pekan ini, bea masuk untuk minyak sawit asal Malaysia akan dipangkas menjadi 40 persen dari 44 persen mulai 1 Januari 2019, sedangkan untuk produk turunan sawit akan dikurangi menjadi 45 persen dari 54 persen.

Dalam perjanjian terpisah dengan ASEAN, termasuk Indonesia, India berjanji akan menurunkan bea masuk CPO menjadi 40 persen, sedangkan untuk produk turunannya akan dikikis menjadi 50 persen.

Adapun harga minyak sawit acuan di Malaysia pada perdagangan akhir pekan ini menguat hampir 1 persen berkat optimisme pasar atas rencana India meningkatkan volume impor minyak sawit. Perlu diketahui bahwa India adalah importir minyak nabati terbesar di dunia.

Harga CPO telah anjlok sekitar 15 persen tahun ini seiring meningkatnya pasokan dari Indonesia dan Malaysia, serta tak stabilnya permintaan dari China dan India. 

Penguatan harga diperkirakan terjadi tahun depan, meski pada awalnya komoditas ini masih bergerak lamban akibat belum meredanya tekanan di pasar.  (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru