Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sampah Menumpuk di Jalan Kereng Pangi - Baun Bango

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Desember 2018 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jalan Kereng Pangi - Baun Bango di wilayah Kecamatan Katingan Hilir menyempit karena adanya tumpukan sampah, Minggu (30/12/2018).

Dari pantauan borneonews.co.id tumpukan sampah di ruas jalan antara Kereng Pangi - Baun Bango ini berada di Km7 arah Galangan. Panjang tumpukan sampah ini kira-kira hingga 300 meter, menumpuk tepi jalan.

Sejumlah pengguna jalan yang kebetulan melintas di ruas jalan ini mengeluhkan adanya sampah yang menumpuk berjejer di tepi jalan tersebut.

Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan ini menimbulkan bau menyengat tidak sedap. "Saya melihat aneh aja, kenapa sampah-sampah ini dibuang di jalan tidak dibuang pada tempatnya seperti tempat pembuangan sampah (TPS)," ujar Herdi, warga Kereng Pangi.

Menurut Herdi, akibat sampah dibuang secara sembarangan ini, selain menyebabkan bau yang tidak sedap, juga memicu terjadinya berbagai macam penyakit. "Kebetulan saya sering lewat jalan ini, jadi kalau lewat hidung saya tutup karena baunya menyengat tidak sedap," katanya.

Menurutnya, jika diamati sampah-sampah itu berasal dari sampah rumah tangga. "Tapi anehnya kok dibuang di sini, padahal untuk tempat pembuangan akhir (TPA) kan sudah ada di Km17 arah Sampit, tapi malah dibuang di sini."

Untuk itu, Herdi meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk membersihkan sampah yang berserakan pinggir jalan dan memasang papan pengumuman agar tidak membuang sampah di tepi jalan itu lagi.

"Harusnya juga pemerintah memberikan sanksi terhadap pelaku yang membuang sampah di sini, ini semata untuk menjaga kebersihan lingkungan," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru