Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Imbau Masyarakat Donor Darah

  • Oleh Agus Priyono
  • 30 Desember 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Banyaknya warga yang terserang demam berdarah dengue (BDB) selama 2018, membuat stok darah menipis. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi pihak RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya dalam menangani penderita DBD.

Terkait hal itu, Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Theodorus Sapta Atmadja, meminta masyarakat yang layak donor untuk mendonorkan darah mereka demi membantu pasien DBD.

"Kami masih terkendala distok darah bagi pasien DBD. Jadi kami imbau masyarakat sepenuhnya sadar akan pentingnya menolong sesama dengan donor darah," ujar Theodorus, Minggu (30/12/2018).

Ia menuturkan, dalam satu katong darah 350 cc mampu diurai menjadi enam kantong trombosit darah yang sangat berguna bagi pasien penderita DBD.

"Tentu hal itu sangat menolong. Karena yang dibutuhkan pasien DBD itu kan komponen trombositnya yang merupakan faktor penentu pembekuan darah," tutur Theodorus.

Pihak RSUD Doris sendiri, dalam menangani pasien, baik itu DBD maupun penyakit lainnya, menjamin tidak akan ada kendala dari segi ruangan, obat, maupun SDM.

"Semua pasien siap kami layani. Dan akan kami tangani dengan baik. Selama pasien yang bersangkutan bersedia di RSUD Doris Sylvanus," tegasnya. (AGUS PRIYONO/B-3)

Berita Terbaru