Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

8 ABK Tugboat Buana Superior Tenggelam Dievakuasi ke Sampit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 31 Desember 2018 - 23:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Delapan anak buah kapal (ABK) Tugboat Buana Superior yang tenggelam sekitar 10 km dari muara Sungai Mentaya saat menarik tongkang yang membawa bauksit tujuan Kendawangan, Kalimantan Barat, Senin (31/12/2018), dievakuasi Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit menggunakan KM Damaru milik KPLP. 

"Alhamdulilah kedelapan ABK termasuk nakhoda berhasil selamat. Saat ini sudah dievakuasi oleh KSOP," ujar Dir Polairud Polda Kalteng Kombespol Badarudin, Senin (31/12/2018). 

Kedelapan ABK tersebut yakni nahkoda Catur Budianto, mualim 1 Amiruddin, KKM Guntur, musinis II Rusli Simon Pamatan, juru minyak Yotan Lili, juru mudi Sarlinton, juri mudi Umar Baru, juru mudi Sanjayak Tamui R.Y. Mereka ditemukan dalam keadaan selamat dan berada di tongkang yang ditarik tugboat tersebut. 

Kedelapan ABK saat ini sudah di Sampit. Mereka sudah diperiksa kesehatannya dan semua dalam keadaan sehat walaupun ada sedikit trauma. 

"Kondisi nahkoda dan ABK saat ini dalam keadaan sehat, dan sudah diberi makan oleh pihak yang melakukan evakuasi," kata Badarudin. 

Kepala KSOP Sampit Tomas mengungkapkan, saat ini pihaknya menangani nahkoda dan ABK lebih dulu. Dan memulihkan kondisi mereka yang mengalami trauma saat menjadi korban tenggelamnya tugboat tersebut. 

"Kami masih menunggu pemulihan dulu, dan tentunya kami tangani dulu mereka. Agar tidak mengalami terauma akaibat kejadian tersebut," kata Tomas. 

Tongkang yang ditarik tugboat tersebut saat ini sudah diamankan. Ini dilakukan agar tidak membahayakan kapal lain yang melintas di jalur tersebut. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru