Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Bumbu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tujuh Desa di Barito Selatan Belum Teraliri Listrik

  • Oleh Uriutu
  • 03 Januari 2019 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sebanyak tujuh dari 93 desa di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), yang belum teraliri listrik baik dari PLN mapun non PLN. 

“Hanya tujuh desa yang tersisa. 86 desa sudah ada listriknya baik dari PLN maupun non PLN,” kata Kasubbag ESDM dan Lingkungan Hidup, Bagian Ekonomi dan SDA Setda Barsel, Hugo Y Nathanael, Kamis (3/1/2019).

Ketujuh desa itu yakni Tabatan, Selat Baru, Lehai, Sungai Jaya, Majundre, Maruga, dan Muara Ripung.

Sementara 86 desa yang sudah dialiri listrik, rinciannya 54 desa dari PLN dan 32 desa berlistrik non PLN. 

Sementara, berdasarkan data saat ini jumlah rumah tangga yang belum teraliri listrik sebanyak 6.388. Sementara rumah tangga yang teraliri pembangkit listrik non PLN ada 6.019.

Dan rumah tangga yang sudah menggunakan PLN, lanjut dia, sebanyak 21.974. Dengan rasio elektrifikasi desa berlistrik sebanyak 92,47 persen, dan rasio elektrifikasi rumah tangga berlistrik 81,42 persen.

Bagi desa yang belum teraliri listrik, pihaknya akan berupaya mengusulkan agar desa-desa itu bisa menikmati listrik.

Hal tersebut, dikarenakan sejak kewenangan Distamben dialihkan ke provinsi, otomatis kewenangan pembangunan kelistrikan juga mengikuti.

“Kita hanya diberikan wewenang provinsi dalam perencanaan pembangunan. Jadi kita merencanakan dan mengusulkan, provinsi yang menentukannya,” jelas dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru