Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Barito Utara Peringati Hari Amal Bhakti ke-73

  • Oleh Ramadani
  • 04 Januari 2019 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Utara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-73.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra menjadi inspektur upacara peringatan HAB ke-73 tersebut. 

Dalam amanat tertulis Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan, pembentukan Kementerian Agama merupakan keputusan yang bersejarah dan memberi pengaruh besar sepanjang perjalanan bangsa dan NKRI hingga kini.

“Berdirinya Kementerian Agama adalah untuk menjaga dan memelihara, sekaligus mengembangkan kualitas pendidikan keagamaan masyarakat kian naik peringkat. Agar tetap dan terus terjaga kerukunan hidup antarumat beragama yang kian rekat dan akhirnya agar kualitas kehidupan keagamaan segenap bangsa makin meningkat,” kata Sugianto, Jumat (4/1/2019).

Kendati negara Indonesia secara formal tidak berdasar agama tertentu, tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara, tapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara. Keberhasilan pembangunan kehidupan beragama sangat menentukan hari depan bangsa.

“Melalui peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, kita diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan Pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia,” ucapnya lagi. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru