Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bangka Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Lamandau Dorong Perbankan Salurkan KUR kepada UMKM

  • Oleh Heriyadi
  • 05 Januari 2019 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wakil Bupati Kabupaten Lamandau Riko Porwanto mendorong perbankan salurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

"Kami akan dorong UMKM yang ada di Kabupaten Lamandau memanfaatkan fasilitas KUR untuk modal usaha mereka melalui bank pelaksana program tersebut. Dan perbankan juga memberikan kemudahan dalam prosesnya," tambah Wabup Lamandau Riko Porwanto melalui ponselnya, Jumat (4/1/2019).

Menurutnya, pelaku UMKM harus diberi kepercayaan untuk mendapatkan KUR sehingga dengan program ini pemerintah akan terbantu dalam menumbuhkan pembangunan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kecil.
 
Ada beberapa UMKM yang sudah mendapatkan KUR, tapi ada pula yang belum. Hal ini juga harus menjadi sasaran KUR agar beban bunga bisa menjadi lebih rendah dan berdaya saing. 

Ia berharap, pinjaman yang diberikan tidak harus Rp25 juta, bisa dicoba di nominal Rp5 juta sampai dengan Rp15 juta agar pelaku UMKM terbiasa bertransaksi dengan perbankan. Jika ke depannya mereka bisa tumbuh dan meningkat, maka KUR ini bisa ditingkatkan.

 
Masyarakat harus diberikan kepercayaan. "Mereka sebenarnya memiliki usaha, tapi kelengkapan administrasinya saja yang belum memenuhi syarat, karena memang itu yang menjadi program pemerintah dan harus dijamin lembaga asuransi pembiayaan," ungkap Riko. (PP/HERIYADI/B-2)

Berita Terbaru